7 Kesalahan Fatal Yang Perlu Dihindari oleh Blogger

kesalahan-kesalahan yang dilakukan seseorang dalam berusaha itu wajar. namun, jika kesalahan yang fatal, maka dampaknya blog tersebut akan kehilangan kepercayaan dari pembaca bahkan sampai ditendang oleh hasil pencarian search engine

Tidak ada salahnya anda terus mencoba dan mencoba, hingga mengetahui cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan anda (trial and error),

Membaca artikel tentang pengalaman blogger lain adalah cara tercepat untuk belajar tentang kesalahan macam apa yang perlu dihindari.

apa sajakah kesalahan - kesalahan fatal tersebut?


Nah, berikut... 

7 Kesalahan Fatal Yang Perlu Dihindari oleh Penulis Blog :

Tidak Pernah Update artikel 

Fenomena yang sebenarnya agak menghawatirkan bagi penulis blog saat ini adalah kedatangan blogger newbie yang menulis artikel dengan jumlah yang sangat banyak di awal usia blog.
Kesalahan Fatal Yang Perlu Dihindari oleh Penulis Blog Kemudian  minggu-minggu berlalu, tetapi frekuensi update artikel menjadi semakin berkurang, bahkan setelah lewat beberapa bulan adakalanya mereka berhenti untuk mengupdate artikel di blog mereka

nah, jika anda ingin sukses hindari hal ini...
Konsisten dan kesabaran adalah hal penting, cobalah untuk membuat komitmen dengan rutin menulis artikel
buatlah target artikel perhari atau perminggu.

Blog yang tidak diupdate lagi sama saja sudah mati

Tips untuk Menghindari : buatlah kebiasaan yang konsisten, jika terlalu berat untuk menulis artikel per hari, buatlah perminggu. kisaran update perminggu adalah angka yang paling minim untuk perkembangan blog anda.  

Tukang Copy Paste/Plagiat

plagiat artikel merupakan daftar kesalahan yang paling fatal dibandingkan kesalahan yang lain


Perlihatkanlah "ini loh gaya saya" dalam blog anda. .

kita tidak membutuhkan blogger pemula tukang copas, semua orang bisa melakukannya.
"Be yourself"

Selain itu, sudah menjadi fakta bahwa ketika seseorang telah membaca sebuah artikel dengan topik tertentu, maka mereka akan melewatkan artikel lain yang memiliki isi sejenis.

Anda boleh-boleh saja mengambil sumber dari blog lain, namun cara pembahasannya dirubah, gunakan pendapatmu karena inilah inti dari blogging

Tidak Membaca Ulang Artikel Sebelum Dipublish

Apakah hal ini bisa jadi kesalahan fatal?

ya, dulu hal ini pernah terjadi pada saya sendiri,karena gak nge-check ulang sebelum di publish, saya pernah diberi hukuman pembatalan kontrak dengan ReviewMe.

sangat disayangkan, bukan?
bukan hanya uang yang tidak didapat, profesionalitas saya di mata ReviewMe saat itu menjadi berkurang.

Tips untuk Menghindari : biasakan untuk dua atau tiga kali mengecek ulang tulisan artikel anda, mengecek ulang bukan hanya untuk mencari kesalahan yang anda buat, anda bisa menyisipkan kata-kata tambahan yang lebih menarik, mengganti gaya bahasa sampai membuat anchor link yang lebih baik untuk memperkuat artikel satu sama lain

Tidak Memakai Gaya Tulisan Personal

Apakah gaya penulisan Personal itu?

menulis dengan mengandaikan bahwa pembaca sedang berada di sebelah kita itulah yang disebut gaya penulisan personal.
tulisan anda harus "to be a person"
kemukakan pendapat anda, buatlah pembaca merasa perlu membaca pendapat anda

 

Mengapa gaya personal penting?


Blog itu bukan Koran ataupun kolom berita.
daya tarik blog adalah pada opini anda dan jika anda memiliki opini yang bagus dan profesional, maka tidak jarang blog anda akan dikunjungi oleh pembaca, bahkan anda akan memiliki pembaca setia

Baca Juga : 8 Tips & Trik Menulis Artikel Berkualitas

Tidak Menggapi Komentar

Blog adalah alat komunikasi 2 arah, namun banyak blogger yang telah lupa/tidak tahu hal tersebut.
tanggapilah setiap komentar yang muncul, hal tersebut semakin memperbanyak interaksi dalam blog anda, sehingga menjaring pembaca yang lebih banyak.
 
Tips untuk Menghindari masalah : selalu aktif untuk berinteraksi pada setiap komentar di blog anda

Tidak Melakukan Blogwalking dengan Sesama Blogger

Cara paling simple agar blog anda diketahui oleh blogger lain adalah dengan cukup berkomentar “terima kasih” pada blog orang laini.

Lakukan blogwalking juga ke forum-forum besar, jadilah TS di forum tersebut. jika artikel anda menjadi Hot Topic, maka anda bakal kebanjiran pengunjung dari forum tersebut

Menulis Hanya Untuk Search Engine bukan untuk Pembaca

Tulislah artikel untuk pembaca, bukan hanya search engine. memang tanpa SEO, blog kita akan sulit bersaing di hasil penelusuran search engine, tetapi search engine juga membenci blog yang over-optimized.

Gunakanlah  teknik SEO sederhana, namun powerful seperti keyword research, keyword placement, link building, optimize anchor text , dll (akan saya bahas  di artikel lain nanti ^_^)

sebagus apapun teknik SEO, hal tersebut hanyalah faktor pendukung. yang anda harus pelajari adalah bagaimana cara menulis artikel pillar, yaitu artikel yang sangat berkualitas.

Baca Juga :
Tips  : Latihlah skill menulis anda. Mungkin saja anda sangat buruk dalam hal optimasi SEO on-page namun jika kualitas tulisan anda bagus hal tersebut akan sangat menutupi. 

Bermanfaat? Jika ya, Tolong Bagikanlah ^_^

1 Komentar:

  1. semakin banyak blogger yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan tentu akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Artikel yang sangat bagus sekali. Saya menemukan artikel ini ketika saya sedang cross check utk artikel yang baru saya posting diblog saya yang ternyata memiliki kemiripan, 7 kesalahan fatal blogger.
    Semoga sukses dengan blognya ya...
    salam :)

    BalasHapus

 

Copyright @ 2013 Epic Creator.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay